Tahfizh Al-Qur’an

BIDANG TAHFIZH AL-QURAN

TAHFIZ QUR'AN

MENGHAFAL AL-QUR'AN NURHASANAT TEMPATNYA

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur'an dan mengajarkannya kepada orang lain”.

Program Takhosus

Program Reguler

PROGRAM TAKHOSUS

Program takhosus adalah program unggulan Pondok Pesantren Nurhasanat dalam bidang tahfidz. Target dari program ini adalah mampu menyelesaikan hafalan Al Qur’an 30 juz tidak hanya sekedar selesai / khatam, tapi mampu mentasmi’kan hafalannya. Oleh karena itu setiap kegiatan yang diadakan di Pondok sebisa mungkin disesuaikan dan juga mendukung serta menunjang program takhosus. Hal ini untuk mencapai target lulusan pondok, yakni memiliki jaminan kompetensi Al Qur’an (maharah Qur’aniyyah).

  1. Kegiatan rutin harian meliputi;
  • Setoran hafalan (ziyadah),

Setoran hafalan dilaksanakan di pagi setelah pukul 08.00-11.00 bertempat di masjid an nuur.

  • Mengulang hafalan (muraja’ah),

Kegiatan mengulang hafalan dilaksanakan di waktu bada asar setiap hari selasa, rabu, jum’at dan sabtu kira-kira selama 30 menit. Kegiatan ini betujuan untuk menguatkan hafalan Al Qur’an.

  • Persiapan (isti’dad) dan tilawah mandiri

Kegiatan ini dilaksanakan pada malam hari bada solat isya sampai jam 21.00 dan setelah solat subuh sampai pukul 06.00. setiap hari dari hari senin-sabtu. Kegiatan ini untuk mempersiapkan hafalan untuk disetorkan kepada musyrif pada pagi hari.

2. Kegiatan rutin pekanan yaitu; tasmi’ pada saat kegiatan ahad pagi.

PROGRAM REGULER

Program tahfidz adalah program unggulan Pondok Pesantren Nurhasanat, setiap kegiatan yang diadakan di Pondok sebisa mungkin disesuaikan dan juga mendukung serta menunjang program tahfidz. Hal ini untuk mencapai target lulusan pondok, yakni memiliki jaminan kompetensi Al Qur’an (maharah Qur’aniyyah).
Kompetensi Al Qur’an dimaksud meliputi; kompetensi tilawah dan kompetensi tahfiz serta kompetensi istima’ (menyimak)
Kompetensi tilawah adalah kemampuan untuk membaca Al Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah tajwid yang berlaku.
Kompetensi tahfidz adalah kemampuan untuk menghafal Al Qur’an dengan baik dan benar serta sesuai dengan kaidah-kaidah tajwid.
Kompetensi istima’ adalah kemampuan untuk menyimak bacaan Al Qur’an dengan baik dan benar.

  1. Kegiatan rutin harian meliputi;
  • Setoran hafalan (ziyadah),

Setoran hafalan dilaksanakan di pagi setelah solat subuh sampai dengan pukul 06.00 bertempat di masjid an nuur.

  • Mengulang hafalan (muraja’ah),

Kegiatan mengulang hafalan dilaksanakan di waktu bada asar setiap hari selasa, rabu, jum’at dan sabtu kira-kira selama 30 menit. Kegiatan ini betujuan untuk menguatkan hafalan Al Qur’an.

  • Persiapan (isti’dad) dan tilawah mandiri

Kegiatan ini dilaksanakan pada malam hari bada solat isya sampai jam 21.00 setiap hari dari hari senin-sabtu. Kegiatan ini untuk mempersiapkan hafalan untuk disetorkan kepada musyrif pada pagi hari.

2. Kegiatan rutin pekanan yaitu; tasmi’ pada saat kegiatan ahad pagi.

Testimoni para Penghafal Qur'an Nurhasanat

"Alhamdulillah …. Alloh beri kelancaran dan kemudahan dalam menghafal Al Qur’an hingga 30 juz melalui peran peran mulia para pendidik di Nurhasanat. "
Sharila Mahdiyah
Hafidzah 30 Juz; Kelas 12
“Di Pesantren inilah kemuliaan akhlak serta akar dan dasar keilmuan saya dibentuk dengan kokoh. Sebab bila akarnya kokoh, maka cabangnya pun akan menghasilkan buah nan lezat, yang memberi manfaat kepada masyarakat. Saya di Nurhasanat menunggu hadirnya orang-orang baru yang akan tumbuh dengan akhlak qurani, berjiwa mandiri, dan berprestasi di segala bidang. Semoga kalian termasuk di dalamnya. "
Zidan salman al farisi
Hafizh 30 Juz; Kelas 11
"Alhamdulillah berkat program bimbingan asatidz serta dukungan orang tua selama di Nurhasanat saya memiliki hafalan 25 juz dengan tilawah yang sesuai kaidah tajwid.. "
Akram Fuad Zuhair
Hafizah 25 Juz; Kelas 11
“Alhamdulillah baru 4 bulan di Nurhasanat saya bisa menghafal 3,5 juz. Semoga Alloh mudahkan dan kuatkan untuk menyelesaikan hafalan 30 juz Al Qur’an. Aamiin…. .
Ahmad Faisal Burhan
Hafidzh 3,5 Juz; Kelas 7

AYO MENGHAFAL AL-QUR'AN