Artikel

Manfaat dan keutamaan shalat tahajjud

Ditulis tanggal :23-09-2019 14:07

Shalat tahajjud merupakan shalat yang sangat spesial dan istimewa. Satu-satunya shalat sunnah yang perintahnya langsung disebutkan dalam firman Allah SWT, disertai dengan keutamaannya dan juga manfaatnya.

“dan pada sebagian malam hari bertahajjudlah kamu sebgai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji dan terbaik.” (QS. Al Israa’ : 79)

Shalat tahajjud mempunyai banyak sekali manfaat dan keutamaan. Diantara manfaat dan keutamaan shalat tahajjud yaitu mendapatkan ridha Allah SWT, dikabulkan doa-doa dan juga pencegah dari berbuat dosa.

Namun demikian, tidak sedikit umat islam yang masih sulit untuk mendirikan shalat tahajjud. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang masih sulit untuk mendirikan shalat tahjjud, salah satunya adalah ketidaktahuan nya tentang keutamaan shalat malam itu sendiri. Jika setiap umat muslim mengetahui dan meresapi dengan baik setiap manfaat dari shalat tahajjud, maka insya Allah ghirah atau semangat untuk mendirikan shalat tahajjud itu akan terus tumbuh dan terjaga.

Meskipun bukan amalah yang hukumnya wajib untuk dilaksanakan. Namun, shalat tahajjud itu sendiri memiliki banyak manfaatnya.

Berikut manfaat shalat tahajjud yang perlu kita ketahui.

  1. Kunci Masuk Surga

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda:

“Sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan juga shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Tirmidzi)

2. Kemuliaan dan Kewibawaan

Selain mendapatkan kedudukan mulia di akhirat kelak, orang-orang yang ahli shalat tahajud juga akan mendapatkan kedudukan yang mulia di dunia. Allah akan memberinya kemuliaan dan juga kewibawaan bagi seorang yang melaksanakan sholat tahajud tersebut.

وَاعْلَمْ أَنَّ شَرَفَ الْـمُؤْمِنِ قِيَامُهُ بِاللَّيْلِ

“Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan juga kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya” (HR. Hakim; hasan)

3. Menenangkan Hati

Al-‘Allamah Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Cobalah renungkan bagaimana Allah membalas shalat malam yang mereka lakukan secara sembunyi dengan balasan yang Beliau sembunyikan bagi mereka, yaitu yang tidak diketahui oleh semua jiwa. Juga bagaimana Allah membalas rasa gelisah, takut dan juga gundah gulana mereka di atas tempat tidur saat bangun untuk dapat melakukan shalat malam dengan kesenangan jiwa di dalam Surga.”

 4. Dipelihara oleh Allah dari Segala Macam Bencana

Rasulullah SAW, yang bersabda: “Barangsiapa melaksanakan sholat tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan: 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”

Adapun lima keutamaan di dunia itu adalah akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana, tanda ketaatannya akan tampak kelihatan di mukanya, akan dicintai para hamba Allah yan shaleh dan dicintai oleh semua manusia, lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah dan akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama”.

5. Menolak Penyakit

Di antara keutamaan tahajud merupakan menolak penyakit. Dengan izin Allah, orang-orang yang mengamalkan shalat sunnah ini akan dijaga kesehatannya dan juga dijauhkan dari penyakit. Keutamaan ini telah terbukti secara medis.

6. Mendapatkan Kebaikan Dunia dan Akhirat

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang apabila seorang muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan juga akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan hal tersebut ada di setiap malam.” (HR Muslim).

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya di dalam Taurat tertulis, ‘Sungguh Allah telah memberikan kepada orang-orang yang lambungnya jauh dari tempat tidur apa yang tidak pernah terlihat oleh mata, tidak pernah terdengar oleh telinga dan tidak pernah terlintas dalam hati manusia, yaitu apa yang tidak di-ketahui oleh Malaikat yang dekat kepada Allah dan Nabi yang diutus-Nya.’” (HR. Al-Marwazi).

Thalhah bin Mashraf berkata, “Aku mendengar bila seorang laki-laki bangun di waktu malam untuk melakukan shalat malam, Malaikat memanggilnya, ‘Berbahagialah engkau karena engkau telah menempuh jalan para ahli ibadah sebelummu.’” Thalhah mengatakan lagi, “Malam itu pun berwasiat kepada malam setelahnya agar membangunkannya pada waktu di mana ia bangun.” Thalhah mengatakan lagi, “Kebaikan turun dari atas langit ke pembelahan rambutnya dan ada penyeru yang berseru, ‘Seandainya seorang yang bermunajat tahu siapa yang ia seru, maka ia tidak akan berpaling (dari munajatnya).’” Atsar ini diriwayatkan oleh al-Aajuri dalam Fadhlu Qiyaamil Laili wat Tahajjud (hal. 58).

7. Doanya Dikabulkan

Orang yang mengerjakan sholat tahajud kemudian berdoa, insya Allah doanya akan dikabulkan Allah. Apalagi jika ia melakukannya di sepertiga malam yang terakhir.


Komentar


  •   Beberapa Syarat Mencegah Kemungkaran Menurut...
  •   AMANAT PEMBINA UPACARA HUT RI KE 74 di PESANTREN...
  •   Hidup Bersama Al-Qur'an...
  •   Libatkan Al-Quran ...
  •   Manfaat dan keutamaan shalat tahajjud...
  •   Manajemen ...
  •   Buang Jauh-Jauh Rasa Takut Kepada SelainAllah...
  •   7 Manfaat Ikut Kegiatan Pramuka di Sekolah...
  •   KIAT-KIAT DALAM MEMBACA AL-QUR'AN AL-KARIM...
  •   Exercise: Tinjauan Nahwu Shorof pada Hadits...
  • Pencarian

    Login Form

    Jajak Pendapat

    Bermanfaatkah Website sekolah bagi anda
    Ragu-ragu
    Tidak
    Ya
     Lihat

    Kalender

    Aug / 2020
    Mi Se Se Ra Ka Ju Sa
    1
    2 3 4 5 6 7 8
    9 10 11 12 13 14 15
    16 17 18 19 20 21 22
    23 24 25 26 27 28 29
    30 31