Gerakan Pramuka sebagai Sarana Pendidikan Karakter Bangsa

“Melalui kegiatan ini diharapkan peserta didik dapat mengembangkan kepemimpinan mereka dan menjadi bekal mereka saat di masyarakat sesuai dengan janji TriSatya Pramuka ” Ikut serta Membangun Masyarakat” oleh sebab itu pentingnya latihan tersebut “, Ujar Kakak Aryanto di Jatiragas, Sabtu.

Kegiatan pramuka merupakan sarana pendidikan yang sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter dan pribadi peserta didik sesuai amanat UU No. 12 tahun 2010 tentang “Gerakan Pramuka”, 51 anggota penegak SMA Al-Qur’an Nurhasanat yang terdiri dari kelas 10 dan 11 mengikuti LPKP (Latihan Pengembangan Kepemimpinan Penegak). Kegiatan ini dipandu oleh 8 anggota Saka Wirakartika Koramil 0407/Jatisari. Semua anggota penegak dididik dan dilatih melalui rangkaian materi kepemimpinan, manajemen organisasi, oraganisasi kepramukaan, administrasi kesekretariatan, teknik mempimpin rapat, dan lainnya. Selain itu mereka juga diberikan pelatihan fisik memalui  game yang dapat menumbuhan kekompakan, solidaritas, dan kerja sama tim. Tujuan dari kegiatan ini adalah melatih anggota pramuka agar memiliki kecakapan dan keterampilan dalam kepemimpinan. Dengan demikian, setiap anggota pramuka diharapkan menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki kualitas hebat.  

“Kegiatannya Asyik and fun “, Ucap salah satu peserta May May.Kelas 11

Dalam kegiatan ini juga diingatkan mengenai pentingnya mejaga kesigapan dan kewaspadaan dalam segala situasi dan kondisi terutam di masa pandemi covid-19 ini, peserta diharapkan dapat menjaga diri, keluarga beserta lingkungan untuk selalu dalam keadaan bersih, dan sehat.

“Keren “, menurut salah satu peserta dari Tholib Naufal Nurhakim, Kelas 10 MIPA.


[ Marliana ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *